Metabolisme gliserol

Karena larut dalam air, gliserol masuk sirkulasi portal vena porta menuju hati.

Ketosis pada diabetes mellitus Pada penyakit diabetes mellitus produksi insulin tidak cukup untuk keperluan metabolisme lemak di dalam sel-sel lemak. Contoh penting dari lipid kompleks adalah lipoprotein dan glikolipid.

Dalam hal ini timbul plaque pada dinding arteri, yang mengakibatkan peningkatan tekanan darah karena arteri menyempit, penurunan kemampuan metabolisme gliserol meregang. Jalur ini dinamakan glukoneogenesis pembentukan glukosa baru karena dianggap lipid dan protein harus diubah menjadi glukosa baru yang selanjutnya mengalami katabolisme untuk memperoleh energi.

Dalam keadaan normal bahan-bahan keton ini terdapat dalam jumlah kecil yang kemudian segera dimetabolisme dalam menghasilkan energi. Penggunaan fosfogliserida adalah: Ilustrasi peran masing-masing dari 4 klas besar lipoprotein 5.

Jika sumber energi dari karbohidrat telah mencukupi, maka asam lemak mengalami esterifikasi yaitu membentuk ester dengan gliserol menjadi trigliserida sebagai cadangan energi jangka panjang. Metabolisme Gliserol dan Asam Lemak November 15, by Sudarman Wiraatmaja Metabolisme Gliserol dan Asam Lemak Gliserol dan asam lemak diperoleh dari hasil pemecahan trigliserid melalui proses lipolisis.

Aseto asetat, hidroksi butirat dan aseton dikenal sebagai badan-badan keton. Pembentukan gumpalan dapat menyebabkan infark miokard dan stroke. Asetil KoA yang berlebihan kemudian akan dipecah menjadi bahan-bahan keton. Asam lemak ini akan melakukan esterifikasi dengan gliserol diproduksi dalam glikolisis dan menghasilkan trigliserida.

Sel tubuh dapat membuat glukosa dari piruvat dan ikatan 3-karbon lain, tetapi glukosa tidak dapat dibuat dari pecahan 2-karbon yang dihasilkan oleh asam lemak. Proses ketogenesis Lintasan ketogenesis di hati Sebagian dari asetil KoA dapat diubah menjadi kolesterol prosesnya dinamakan kolesterogenesis yang selanjutnya dapat digunakan sebagai bahan untuk disintesis menjadi steroid prosesnya dinamakan steroidogenesis.

Secara ringkas, hasil dari pencernaan lemak adalah asam lemak dan gliserol, selain itu ada juga yang masih berupa monogliserid.

Ini termasuk asam lemak jenuh dan tidak jenuhgliserol, steroid, alkohol disamping gliserol dan sterol, aldehida lemak dan benda keton.

Penjelasan Lengkap Materi Sintesis, Jalur Metabolisme Lemak dan Gliserol

Karena larut dalam air, gliserol masuk sirkulasi portal vena porta menuju hati. Selanjutnya asetil KoA akan masuk ke dalam siklus asam sitrat sehingga dihasilkan energi.

Lemak dalam tingkat cairan dikenal sebagai minyak oli. Dengan demikian, agar konsentrasi oksaloasetat dapat dipertahankan dalam siklus TCA dibutuhkan karbohidrat. Berbagai kelas lipid dihubungkan satu sama lain berdasarkan komponen dasarnya, sumber penghasilnya, kandungan asam lemaknya, maupun sifat- sifat kimianya.Jun 02,  · Metabolisme lipid.

Lipid yang kita peroleh sebagai sumber energi utamanya adalah dari lipid netral, yaitu trigliserid (ester antara gliserol dengan 3 asam lemak). Secara ringkas, hasil dari pencernaan lipid adalah asam lemak dan gliserol, selain itu ada juga yang masih berupa monogliserid. Metabolisme lipid Lipid yang kita peroleh sebagai sumber energi utamanya adalah dari lipid netral, yaitu trigliserid (ester antara gliserol dengan 3 asam lemak).

Secara ringkas, hasil dari pencernaan lipid adalah asam lemak dan gliserol, selain itu ada juga yang masih berupa monogliserid. Penjelasan Lengkap Materi Sintesis dan Jalur Metabolisme Lemak & Gliserol - Lemak dan protein juga dapat digunakan sebagai sumber energi bagi tubuh.

Seperti proses metabolisme karbohidrat, metabolisme protein juga melalui beberapa tahapan reaksi.

Metabolisme Gliserol dan Asam Lemak

Metabolisme karbohidrat merupakan pusat dari semua proses metabolisme; glukosa dimetabolisme mellui tahap oksidatif yang berlangsung secara aerobik (dalam mitokondrio) maupun anaerobik (dalam sitosol) yang menghasilkan pembentukan ATP (adenosin trifosfat) · Trigliserida: ester gliserol.

Pada 13/02/ 13/02/ In Biologi Tagged Biokimia, Gliserol, Metabolisme 1 Comment. Gliserol adalah sebuah komponen utama dari semua lemak dan minyak, dalam bentuk ester yang disebut gliserida.

Molekul trigliserida terdiri dari satu molekul gliserol dikombinasikan dengan tiga molekul asam lemak.

Pengertian Gliserol

Gliserol ditemukan untuk memiliki berbagai. Gliserol dan asam lemak diperoleh dari hasil pemecahan trigliserid melalui proses lipolisis. Gliserol (suatu ikatan 3-karbon seperti piruvat akan tetapi dengan susunan H dan OH pada karbon yang berbeda) memasuki jalur metabolisme di antara glukosa dan piruvat .

Metabolisme gliserol
Rated 4/5 based on 70 review